Social Icons

Feb 8, 2018

Kekayaan Presiden Rusia sekitar Rp 2.713 triliun

Kekayaan Presiden Rusia sekitar Rp 2.713 triliun
Kekayaan Presiden Rusia Vladimir Putin kembali jadi sorotan dunia setelah dia memutuskan maju kembali dalam pemilihan presiden. Beberapa analis menduga, Putin sejatinya merupakan orang terkaya di dunia atau sejagat.

Putin secara resmi  memperoleh pendapatan 38,5 juta rubel (Rp9,1 miliar) dalam enam tahun sampai 2016. Angka pendapatan itu resmi dirilis Komisi Pemilu Pusat Federasi Rusia.

Bill Browder, mantan manajer investasi di Rusia yang juga kritikus utama Putin, memperkirakan kekayaan bersih orang nomor satu di negara bekas Uni Soviet itu mencapai USD200 miliar atau sekitar Rp2.713 triliun. Angka itu menurut Browder layak untuk menduga Putin sebagai orang terkaya di dunia.

Putin telah berkuasa sejak 2000, baik sebagai presiden atau pun perdana menteri. Jika dia memenangkan pemilihan presiden bulan Maret 2018, kekuasaannya akan berlanjut sampai 2024.

Menurut data Komisi Pemilu Pusat Federasi Rusia, Putin memiliki 13 rekening bank. Tapi, data lain dari berbagai sumber membeberkan daftar kekayaan mantan agen KGB tersebut.

Berikut daftar kekayaan Putin yang dirangkum SINDOnews dari beragam sumber, Kamis (8/2/2018);

1. Total perkiaraan kekayaan USD200 miliar. Artinya, kekayaan Putin lebih dari dua kali lipat orang terkaya yang diakui secara resmi di dunia yakni, pendiri Amazon; Jeff Bezos. Majalah Forbes 2017 mencatat kekayaan bersih bos Amazon itu sebesar USD90,6 miliar.

2. Data yang diajukan Putin ke Komisi Pemilu Pusat menyebut dia hanya memiliki satu properti, sebuah apartemen seluas 77 meter persegi di St. Petersburg dengan garasi seluas 18 meter persegi. Untuk pekerjaan, dia menyewa sebuah apartemen seluas 153,7 meter persegi di Moskow.

Namun, laporan lain menyebutkan bahwa pemimpin Rusia ini memiliki sebuah istana di Laut Hitam senilai USD 1 miliar. Laporan ini pernah dibantah juru bicara Putin pada tahun 2010 yang menyebut bahwa Putin tidak memiliki hubungan apa pun dengan istana tersebut.

3. Daftar kendaraan Putin yang diajukan ke Komisi Pemilu Pusat mencakup dua mobil buatan Rusia; GAZ M21 tahun 1960 dan Lada Niva 2009, sebuah kendaraan sport.

Namun, sebuah berkas tahun 2012 yang ditulis oleh Boris Nemtsov, mantan wakil perdana menteri Rusia mengatakan bahwa Putin memiliki 58 pesawat dan helikopter.  Dia memiliki sebuah koleksi jam tangan senilai USD500.000, dan menghabiskan waktu luangnya di lebih dari 20 istana.

Berkas itu juga mengklaim bahwa dia secara teratur menggunakan jet pribadi dengan kabin senilai USD137 juta. Kabin itu dilengkapi kamar mandi dengan perlengkapan emas dan toilet senilai USD62.000.

Putin juga disebut memiliki kapal pesiar super senilai USD35 juta yang bernama Olympia. Kapal itu merupakan hadiah dari pemilik Chelsea Football Club Roman Abramovich ketika Putin menjadi presiden.

4. Analis politik Stanslav Belkovsky menyatakan, Putin memiliki saham perusahaan minyak Surgutneftegaz dan raksasa gas Gazprom yang menjadi salah satu sumber utama pundi-pundi uangnya. 


Sindo
Comments
1 Comments
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...