Social Icons

Feb 21, 2015

Intelijen AS dan Inggris Akses Miliaran Data Ponsel



Islam Times - Mata-mata Amerika dan Inggris bisa mengakses miliaran ponsel di seluruh dunia, ungkap seorang mantan intelijen.

Dikutip dari The Guardian, Edward Snowden merilis dokumen baru yang menunjukkan badan intelijen AS, NAS dan Inggris, GCHQ menyusup ke sebuah pabrik kartu sim Belanda Gemalto dan mencuri kunci enkripsi yang memudahkan mereka memantau panggilan telepon dan data.


Staf pengacara di electronic Frontier Foundation Mark Rumold mengatakan kedua badan intelijen itu melanggar  hukum Belanda dan bisa jadi melakukan hal yang sama di belahan dunia lain.

Sebelumnya, Jerman murka saat mengetahui Amerika juga memata-matai pejabatnya.

Gemalto per tahun mencetak 2 miliar kartu sim termasuk AT&T, Sprint, T-Mobile dan Verizon. Perusahaan ini beroperasi di 85 negara dan menyediakan kartu sim untuk 450 penyedia jaringan nirkabel global.

Enkripsi curian akan memudahkan intelijen mengawasi komunikasi ponsel tanpa perlu persetujuan atau pengetahuan perusahaan telekomunikasi dan pemerintah asing.

Pakar tekhnologi Amerika, Chris Soghoian mengatakan pembocoran data terakhir Snowden menunjukkan warga kini tak bisa mempercayai AT&T, Verizon atau apa pun saat ini.
Comments
0 Comments
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...