Social Icons

Oct 14, 2016

Iran Kirim Dua Kapal Perang ke Laut Yaman

Iran Kirim Dua Kapal Perang ke Laut Yaman
Angkatan Laut Iran telah menyebarkan armada kapal perangnya ke perairan internasional untuk misi yang mencakup kehadiran di perairan lepas pantai selatan Yaman.

Tasnim News melaporkan pada Kamis (13/10), bahwa Armada 44 Iran, yang terdiri kapal perusak Alvand dan kapal perang logistik Bushehr, telah dikirim ke Teluk Aden dan Selat Bab el-Mandeb untuk melindungi kapal-kapal perdagangan negara itu melawan pembajakan di zona tidak aman. Armada Iran ini akan menuju perairan dekat Somalia dan Tanzania setelah melalui Samudera Hindia.

Setelah membuat panggilan pelabuhan di Tanzania, armada 44 akan berlayar di sepanjang pantai timur Afrika jika cuaca memungkinkan, dan dijadwalkan untuk berlayar hingga ke pantai barat Afrika Selatan, di Samudera Atlantik Selatan.

Kehadiran armada Iran di Teluk Aden bertepatan dengan keputusan AS untuk langsung terlibat dalam perang koalisi Saudi melawan Yaman.

Pada hari Kamis, militer AS melancarkan serangan rudal untuk menghancurkan situs radar pesisir di Yaman sebagai pembalasan atas serangan rudal yang diduga dari sebuah kapal perusak Angkatan Laut AS.

Sebelumnya kapal perang destroyer AS, USS Nitze, menyerang tiga situs radar milik pejuang Houthi Yaman dengan rudal Tomahawk. Pentagon menyatakan serangan rudal ini sebagai balasan setelah kapal perang AS, USS Mason, atas izin dari Presiden Obama.

Pihak Tentara Yaman dan pejuang Houthi mengatakan bahwa Tuduhan AS terhadap Houthi adalah disengaja demi membuka jalan bagi keterlibatan langsung negara itu dalam agresi Saudi ke Yaman.

“Tuduhan-tuduhan ini sama sekali tidak berdasar! Tentara Yaman maupun pasukan rakyat Yaman tidak ada hubungannya dengan tindakan ini. Tuduhan AS ini sengaja dibuat dalam konteks menciptakan pembenaran palsu untuk membuka jalan bagi koalisi pimpinan Saudi untuk meningkat serangan agresi mereka terhadap Yaman dan menutupi kejahatan yang terus dilakukan oleh koalisi agresi terhadap rakyat Yaman, “kata pejabat militer tersebut kepada kantor berita Yaman, SABA.
Comments
0 Comments
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...