Social Icons

Jul 16, 2016

Keterlibatan Pemerintah Saudi Dalam Serangan 11 September 2011

Pemerintah AS telah merilis laporan 28 halaman kongres terkait serangan 11 September 2001, yang menunjukkan keterlibatan pemerintah Saudi dalam serangan itu.

“Sementara di Amerika Serikat, beberapa pembajak pesawat 11 September berada dalam kontak dan menerima dukungan atau bantuan dari beberapa individu yang dapat dihubungkan ke Pemerintah Saudi,” membaca bagian dari laporan yang dirilis pada hari Jumat (15/07).”

“Ada informasi, terutama dari sumber-sumber FBI, bahwa setidaknya dua dari orang-orang yang diduga perwira intelijen Saudi.”

Selain itu, laporan itu juga mengisyaratkan dukungan Arab Saudi untuk kegiatan teroris di AS dan negara-negara lain, tapi gagal untuk menunjukkan luasnya.

“Dalam kesaksian mereka, baik saksi CIA atau FBI mampu mengidentifikasi definitif sejauh mana dukungan Arab Saudi dalam kegiatan teroris global.”

Laporan ini juga menunjukkan informasi yang menunjukkan bahwa “Pejabat pemerintah Saudi di Amerika Serikat mungkin memiliki hubungan lain dengan al-Qaeda dan kelompok teroris lainnya.”

Sementara itu, Arab Saudi telah menyambut halaman yang telah dirilis itu, dan mengatakan bahwa tidak ada bukti keterlibatan Saudi dalam serangan.

“Sejak tahun 2002, Komisi 9/11 dan beberapa instansi pemerintah, termasuk CIA dan FBI, telah menyelidiki isi dari ’28 halaman’ dan telah mengkonfirmasi bahwa baik pemerintah Saudi atau pejabat senior Saudi, maupun orang yang bekerja atas nama pemerintah Saudi memberikan dukungan atau dorongan bagi serangan-serangan ini, “Kedutaan Saudi di Washington mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Presiden Barack Obama, di bawah tekanan dari Kongres dan publik, mengumumkan pada bulan April bahwa 28 halaman rahasia, yang telah dirahasiakan sejak tahun 2002, akan diklasifikasikan segera mungkin.

Mantan Presiden George W. Bush dan wakil presidennya, Dick Cheney, mengatakan kepada komisi bahwa mereka tidak akan secara resmi diwawancarai dalam kaitannya dengan serangan 9/11, yang menewaskan hampir 3.000 orang dan menyebabkan kerugian senilai $ 10 milyar properti dan infrastruktur.
Comments
0 Comments
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...