Social Icons

Jun 4, 2015

Rouhani: Perkataan Imam Khamenei adalah Peraturan, Tidak Diizinkan Akses ke Situs Militer

IslamTimes - Presiden Iran Sheikh Hasan Rouhani menegaskan bahwa Republik Islam tidak akan pernah menandatangani kesepakatan nuklir dengan kekuatan dunia yang akan memungkinkan akses asing ke situs militer di negara itu.

Pernyataan Rouhani di alamat Kamis (21/5/15) Provinsi Timur Azarbaijan, mengulang perkataan Pemimpin tertinggi Revolusi Islam, Imam Sayyid Ali Khamenei sehari sebelumnya.


Ayatullah Khamenei menekankan bahwa Tehran tidak akan pernah megnizinkan inspeksi di situs militer, mencatat bahwa AS membuat tuntutan baru dalam pembicaraan program nuklir Iran, termasuk menuntut akses ke para ilmuwan nuklir dan fasilitas militer Iran.

"Perkataan Pemimpin Revolusi Islam adalah aturan untuk administrasi; dan kami tidak akan pernah menandatangani kesepakatan yang akan memungkinkan orang untuk memiliki akses ke situs rahasia ilmiah dan militer negara itu, "kata Presiden Rouhani.

"Penelitian dan pengembangan adalah garis merah kami, dan negosiator [nuklir] menyadari garis merah ini," tegasnya, menurut Press TV.

Sementara itu, Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Marziyeh Afkham juga mengatakan bahwa tidak ada kesepakatan akan ditandatangani dengan P5 + 1 sampai semua tuntutan Iran terpenuhi.

"Sudut pandang Iran pada semua masalah telah disajikan secara jelas dan transparan sejak awal pembicaraan," kata Afkham sebelumnya pada hari Kamis (21/5).

Iran telah berulang kali menegaskan bahwa kesepakatan nuklir hanya mencakup isu-isu nuklir.

Iran dan kelompok negara P5 + 1 - Amerika Serikat, Perancis, Inggris, Rusia, Cina, dan Jerman - mencapai saling pengertian tentang program nuklir Tehran di kota Lausanne Swiss April 2.

Mereka sepakat untuk menyelesaikan kesepakatan komprehensif oleh akhir Juni.
Comments
0 Comments
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...