Social Icons

Jun 4, 2015

Setelah Gencatan Senjata, Konflik Pecah Lagi di Ukraina

Okezone – Pertempuran kembali pecah antara Pasukan Ukraina dengan separatis pro-Rusia pada Rabu 3 Juni. Insiden ini adalah yang pertama sejak disepakati gencatan senjata pada Februari 2015.

Kedua pihak saling menuduh melakukan serangan pertama, kini wilayah konflik di wilayah timur Ukraina dilaporkan masih tegang.


“Pasukan Ukraina melakukan provokasi terhadap kami, mereka menyerang terlebih dahulu,” ujar Komandan Pasukan Separatis, Vladimir Kononov, seperti dilansir Al Jazeera, Kamis (4/6/2015).

Kononov mengatakan sedikitnya 15 orang tewas termasuk warga sipil di Kota Donetsk, dan pihaknya mengatakan hanya membalas serangan dari Pasukan Ukraina.

Sementara itu, Pemerintah Ukraina mengatakan pihak separatis pro-Rusia telah melakukan serangan terlebih dahulu, pemerintah akan mengirimkan pasukan ke wilayah konflik.

Pertempuran juga terjadi di Kota Mariinka dan Georgiivka. Saksi mata melaporkan sebuah pos pemeriksaan diserang oleh kelompok bersenjata.

Konflik di Ukraina sempat mereda setelah terjadi gencatan senjata di Ukraina pada Februari lalu. Kedua pihak sepakat untuk menarik mundur pasukannya dari wilayah konflik. Namun, pertempuran pada Rabu 3 Juni menyebabkan banyak pihak pesimis terhadap prospek perdamaian di Ukraina.
Comments
0 Comments
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...