Social Icons

Jun 22, 2015

Sebut Konflik Bakal Abadi, AS Siapkan Militer Hadapi Rusia

Sindo - Amerika Serikat (AS) dan sekutu-sekutu NATO sedang mempersiapkan kekuatan militer untuk menghadapi konflik dengan Rusia yang dirasa akan berlangsung abadi. Hal itu disampaikan Kepala Pentagon, Ashton Carter.

NATO sendiri sudah menempatkan kekuatan militernya di Eropa Timur meski dengan dalih latihan perang untuk menenangkan sekutunya di wilayah tersebut dari ancaman agresi Rusia. Sepak terjang NATO ini terjadi sejak krisis Ukraina yang semakin memanas.


Carter yang berbicara menjelang perjalanan selama seminggu ke Eropa mengatakan, perubahan sedang berlangsung untuk postur militer NATO. Tujuannya, untuk ambil bagian guna mencegah intervensi Rusia. Carter menggambarkan konflik AS dan Rusia akan mengalami ketegangan jangka panjang atau abadi.

”Langkah ini saya bicarakan secara khusus dalam mengantisipasi sikap Rusia yang mungkin tidak berubah di bawah kepemimpinan (Presiden) Vladimir Putin, atau bahkan sesudahnya,” kata Carter sebelum mendarat di Berlin.

Ditanya apakah ia berpikir Putin mungkin mengubah arah kebijakannya, Carter berharap seperti itu.”Tapi saya tidak bisa memastikan,” ujarnya, seperti dikutip Reuters, Senin (22/6/2015).

Carter mengecam retorika Putin untuk menumpuk persenjataan nuklir Rusia. ”Tidak perlu bagi Vladimir Putin untuk membuat titik seperti itu,” ujarnya. ”Saya tidak bisa menjelaskan kepada Anda mengapa sikap dia tidak seperti perilakunya, seperti dalam penilaian saya secara tepat,” lanjut Menteri Pertahanan AS itu.

Ketegangan antara Washington dan Moskow telah berpotensi membangkitkan kenangan Perang Dingin. Tapi seorang pejabat senior pertahanan AS mengatakan kepada wartawan, bahwa kunjungan Carter ke Eropa selama seminggu membawa misi AS untuk mendesak sekutu NATO agar membuang pedoman Perang Dingin.
Comments
0 Comments
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...