Social Icons

Jun 8, 2015

Terungkap, Saudi-Israel Kerjasama Jatuhkan Iran

Sindo - Hubungan Arab Saudi dan Israel selama ini diketahui sangatlah buruk, perbedaan pandangan mengenai Palestina membuat kedua negara kerap bersitegang. Namun, menurut seorang pensiunan militer Saudi, Jendral Anwar Majed Eshki hubungan kedua negara hanya terlihat sangat buruk di permukaan saja.

Eskhi mengatakan, diam-diam Saudi dan Israel kerap kali melakukan pertemuan. Pembahasan dalam pertemuan itu adalah bagaimana cara menghadang dan menghapus pengaruh Iran di Timur Tengah.
Iran, lanjut pensiunan militer Saudi itu, menjadi satu-satunya alasan kedua negara bisa bekerjasama.

Kedua negara memiliki pandangan yang sama tentang Iran, yakni sebuah negara yang agresif, yang kerap terlibat dalam aksi terorisme, dan harus segera dihentikan.

Hal senada juga diutarakan oleh pensiunan militer Israel, Shimon Shapira yang mengatakan Israel dan Saudi sudah cukup lama menjalin kerjasama untuk menjegal perkembangan Iran.

Seperti dilansir Sputnik pada Jumat (5/6/2015), Shimon mengatakan, kedua negara coba menjegal Iran dalam berbagai bidang. "Kami menemukan bahwa kami memiliki masalah yang sama dan tantangan yang sama dan beberapa jawaban yang sama. kedua negara telah mempertimbangkan strategi politik dan ekonomi bagaimana cara terbaik untuk menghambat kegiatan regional Iran," kata Shimon.

Kecurigaan tentang hubungan kedua negara sejatinya sudah muncul beberapa tahun silam. WikiLeaks pada tahun 2010 lalu sempat mengeluarkan laporan yang menyebut bahwa kedua negara telah melakukan kerjasama untuk menghadang Iran.Terungkap, Saudi-Israel Kerjasama Jatuhkan Iran

source: http://international.sindonews.com/read/1009291/43/terungkap-saudi-israel-kerjasama-jatuhkan-iran-1433501806
Comments
1 Comments
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...