Social Icons

Aug 6, 2015

Kapal Selam Kelas Borey Akan Luncurkan Rudal Nuklir Bulava Pada Akhir Tahun

Peluncuran rudal balistik Bulava dari laut akan dilakukan oleh kapal selam nuklir strategis Rusia Vladimir Monomakh pada akhir tahun ini, sumber Angkatan Laut kepada RIA Novosti, Rabu.


Kapal selam kelas Borey, tulang punggung kekuatan nuklir laut Rusia, telah dilengkapi dengan 16 rudal balistik Bulava, yang dapat membawa sampai 10 hulu ledak nuklir dengan jangkauan operasional hingga 10.000 kilometer (6.200 mil).

"Tanggal peluncuran yang tepat dari rudal belum ditentukan tapi itu akan terjadi pada akhir tahun dari kapal selam Vlamimir Monomakh," kata sumber itu.

Presiden Rusia Vladimir Putin menekankan pentingnya menjaga kemampuan pertahanan nuklir suatu negara karena meningkatnya jumlah tantangan keamanan dan ancaman.

Saat ini Angkatan Laut Rusia mengoperasikan tiga kapal selam kelas Borey, masing-masing kapal bendera Yury Dolgoruky, Alexandr Nevsky dan Vladimir Monomakh. Vladimir Monomakh secara resmi dilantik menjadi Angkatan Laut Rusia pada Desember 2014 lalu.

Pada tahun 2020 nanti, Angkatan Laut Rusia berencana untuk mengoperasikan total delapan kapal selam rudal balistik Kelas-Borey , yang akan melayani sampai 2050, menurut Direktur Jenderal Biro Desain Central Rubin untuk Marine Engineering, Igor Vilnit.
Comments
0 Comments
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...