Social Icons

Sep 5, 2015

AS Kesal dengan Militer Rusia dalam Membantu Rezim Assad di Suriah

Sindo - Pemerintah Amerika Serikat (AS) mulai kesal dengan adanya laporan bahwa Rusia melakukan operasi militer di Suriah untuk membela rezim Presiden Bashar al-Assad.

Gedung Putih menegaskan, setiap dukungan militer Rusia kepada rezim Suriah akan mengacaukan situasi di Suriah yang sudah berbahaya.


Laporan munculnya militer Rusia di Suriah itu awalnya dari pemberitaan media televisi Pemerintah Suriah, SANA, pada pekan ini yang menunjukkan video pasukan Rusia berjuang bersama pasukan loyalis Presiden Assad.

Video itu juga menunjukkan pasukan militer Rusia hadir di Suriah dengan kendaraan lapis baja. Pasukan Rusia itu disebut-sebut ikut memerangi pemberontak di kawasan Pegunungan Latakia, dekat pantai Mediterania wilayah Suriah.

“Kami menyadari laporan bahwa Rusia mungkin telah mengerahkan personel dan pesawat militer ke Suriah, dan kami sedang memantau laporan-laporan tersebut secara cukup erat,” kata juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest kepada wartawan, seperti dikutip Fox News, Jumat (4/9/2015).

”Setiap dukungan militer (Rusia) kepada rezim Assad untuk tujuan apapun, apakah itu dalam bentuk personel militer, perlengkapan pesawat, senjata, atau dana, adalah tindakan mendestabilisasi dan kontraproduktif,” lanjut Earnest.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Mark Toner, juga berpendapat senada.”Kita telah melihat berbagai laporan bahwa, Rusia dapat mengerahkan personel militer. Kami tidak tahu jelas, apa ini dapat digunakan untuk (operasi militer),” ujar Toner. ”Kami telah menghubungi (Moskow) tentang hal ini.”
Kremlin, sampai saat ini belum memberikan konfirmasi perihal laporan bahwa militernya telah beroperasi di Suriah demi menolong sekutunya, Presiden Assad.

Seorang aktivis Suriah, yang berbicara kepada The Times dalam kondisi anonim, mengatakan, keberadaan militer Rusia di Suriah bukan hal baru. ”Rusia telah ada sejak lama,” katanya.

”Ada beberapa pejabat Rusia yang datang ke Slunfeh dalam beberapa pekan terakhir. Kita tidak tahu berapa banyaknya, tetapi saya dapat meyakinkan Anda bahwa telah penguatan dari Rusia.”
Comments
0 Comments
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...