Social Icons

Sep 23, 2015

Iran Bantah Kirim Tentara ke Suriah dan Yaman

Pemerintah Iran menegaskan, mereka belum pernah mengirimkan tentara, baik itu ke Yaman ataupun Suriah. Bantahan ini keluar di tengah beredarnya kabar bahwa Iran mulai mengirimkan tentara ke Suriah.

"Kami tidak pernah mengirimkan personel, baik itu tentara atau penasihat militer ke Yaman ataupun Suriah," ujar wakil Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Selasa (22/9/2015).

Iran memang sering disebut-sebut telah mengirimkan tentara ke Yaman. Tuduhan ini muncul karena adanya persamaan keyakinan antara Iran dan Houthi, dan Iran juga kerap melemparkan pembelaan terhadap apa yang dilakukan Houthi di Yaman.

Soal Suriah, kabar mengenai keterlibatan Iran dalam konflik di negara tersebut dihembuskan oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Dimana, Netanyahu mengatakan Iran yang berkolaborasi bersama Hizbullah telah membantu pasukan Suriah melawan pemberontak.

"Iran mendukung tentara Suriah untuk melawan teroris. Tapi, di saat yang bersamaan, Iran juga mencoba untuk membuat sebuah front teroris kedua bersama Hizbullah yang ditujukan melawan kami di Dataran Tinggi Golan," kata Netanyahu paska melakukan pertemuan dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin. - sindo
Comments
0 Comments
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...