Social Icons

Sep 9, 2015

Israel Kwatirkan Penempatan Militer Rusia untuk Suriah

Setelah Amerika Serikat (AS) mengungkapkan kekhawatirannya mengenai bantuan militer Rusia untuk Suriah, kini kekhawatiran yang sama juga disuarakan oleh sekutu AS, Israel. Rusia dikabarkan tidak hanya memberikan dukungan diplomatik dan logistik kepada Suriah, tetapi juga telah memberikan bantuan militer.
"Kami telah diberitahu, bahwa Rusia telah masuk dan melakukan intervensi aktif di Suriah. Amerika tengah menyerang Suriah. Pun begitu dengan negara Barat lainnya. Dan sekarang, faktanya Rusia dan seluruh dunia tengah bersatu untuk melawan mereka (ISIS)," ujar Penasehat Senior Menteri Pertahanan Israel, Amos Gilad, dalam sebuah pidato seperti dikutip dari Reuters, Selasa (8/9/2015).

Kendati begitu, Gilad menyatakan, terlalu dini untuk mengetahui bagaimana keterlibatan militer Rusia di Suriah. "Saya tidak tahu, karena skalanya belum jelas. Mereka belum mulai bekerja. Bisa jadi mereka hanya meningkatkan kemampuan militer Suriah," ujarnya.

Saat ditanya apakah Israel telah membangun komunikasi dengan Rusia dalam upaya mencegah terjadinya konfrontasi diantara keduanya, Gilad hanya mengatakan, "Selalu ada cara (mengkomunikasikan hal itu). Hari ini mereka bukan musuh kami," ujarnya.

Sementara itu, mantan jenderal Angkatan Udara Israel dan mantan Kepala Intelijen militer Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, Amos Yadlin mengatakan, Israel dan Rusia tidak mungkin terlibat bentrokan bersenjata di Suriah karena keduanya memiliki kepentingan yang berbeda.

"Saya pikir tidak ada alasan untuk terjadi benturan diantara keduanya, karena kita tidak memerangi musuh yang sama. Saya berasumsi bahwa kita akan sangat berhati-hati akan keberadaan mereka," kata Yadlin. - sindo.

Baca juga :

Comments
0 Comments
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...